Rabu, 03 Agustus 2016

Ini Dia Jenis Kopi yang Sehat Untuk Anda

Kopi merupakan salah satu minuman yang mendapatkan posisi kedua terpopuler setelah air mineral (air putih). Di negeri kita pun, kopi menjadi salah satu primadona minuman. Diluar popularitasnya, apa sajakah manfaat kopi untuk kesehatan?



Banyak orang yang menganggap bahwa minum kopi terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Padahal, banyak penelitian terbaru yang telah mengungkapkan khasiat minum kopi. Salah satunya adalah hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Chemical Society yang mengungkapkan manfaat kopi dalam diet. 

Sebelum kita menuju ke hidangan utama, apa saja sih yang terkandung dalam kopi? 

Biji kopi mengandung senyawa Quinin yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Senyawa yang akan keluar setelah proses roasting ini banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan obat diet di Amerika. Antioksidan dan magnesium yang terkandung dalam kopi ternyata dapat mempengaruhi tingkat gula darah. Karena itu mengkonsumsi kopi dapat dapat menurunkan resiko terkena diabetes tingkat 2. Kopi juga dapat mengurangi resiko terserang penyakit Parkinson, Alzheimer, kanker kolon, kanker hati, dan masih banyak lagi. 

Tetapi banyak pula yang menolak kopi karena pengaruhnya terhadap lambung. Hal ini terjadi karena kadar asam dari biji kopi tersebut. Sebetulnya jika anda dapt menghindari jenis jenis kopi tertentu, anda masih bisa menikmati secangkir kopi yang nikmat loh. 

Bagaimana caranya? 

Kadar keasaman kopi bervariasi, tergantung dari jenis biji kopi, lama penyimpanan, dan tingkat pemanggangan. Sebagai contoh, kopi arabika cenderung lebih aman dikonsumsi daripada robusta yang kadar kafein dan asam yang tinggi. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah proses penyimpanan. Sebelum dipanggang, biji kopi hijau biasanya disimpan terlebih dahulu untuk menurunkan kadar asamnya. Semakin lama disimpan, maka semakin rendah juga kadar keasaman kopinya. 

Proses pemanggangan juga dapat menurunkan keasaman biji kopi. Bahkan biji kopi yang digiling hangus kadar asamnya akan hilang. 

Lalu kopi seperti apa yang baik untuk kesehatan? Salah satu jenis kopi yang biasa saya konsumsi adalah kopi aroma dari Bandung. Pabrik kopi yang sudah berdiri lama ini masih menggunakan teknik produksi tradisional. Misalnya penyimpanan biji kopi yang mencapai 5 tahun untuk arabika dan 8 tahun untuk jenis robusta(produsen kopi lain biasanya hanya menyimpan kopinya 2-3 tahun saja). Jadi kopi ini pastinya aman untuk lambung anda. 

Proses pemanggangan juga dilakukan dengan menggunakan mesin tua buatan tahun 1930 dengan bahan bakar kayu pohon karet. Bapak Widya selaku pemilik mengatakan bahwa proses penggilingan dengan kayu bakar ini dapat menambah aroma dan citarasa yang berbeda dari kopi olahan yang lain. 

Variasi kopi yang diproduksi juga cukup banyak. Ada kopi Toraja, Jawa, Flores, dan kombinasi kopi arabika (mocha arabika). Varian yang terakhir ini membuat saya ketagihan karena rasanya yang pas di lidah dan tidak membuat lambung perih (saya juga menderita penyakit maag). 

Walau kopi itu baik untuk kesehatan, tapi ada satu hal yang perlu anda ingat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Kafein yang terlalu banyak justru bisa merugikan. So, drink coffee and stay healthy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar